RPP Fiqih
|
|
Nama:
Zainuddin
Nim:
21190110000030
Model Pembelajaran Examples Non Examples “Tata
cara Wudhu” |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
A.
kompetensi
dasar
“mempraktikkan
wudhu dan doanya dengan tertib dan benar” B.
indikator
pembelajaran
1.
Mengenal anggota Wudhu
2.
Mendemonstrasikan wudhu dan doanya dengan tertib dan benar
C.
tujuan
pembelajaran
1. Siswa dapat
memperlihatkan cara berwudhu dengan baik dan benar 2. Siswa dapat
mendemonstrasikan cara berwudhu sebelum solat dengan baik dan benar D.
Pendekatan
pembelajaran
Kooperatif E.
metode
pembelajaran
Ceramah melalui penjelasan
tulisan, Mengamati dan menguraikan |
|
Sintaks Model Pembelajaran Examples Non Examples
“Examples Non Examples
adalah model pembelajaran yang menggunakan contoh-contoh, yang dapat diamati
dari kasus, cerita ataupun gambar yang relevan dengan kompetensi dasar dalam
sebuah pembelajaran. Langkah – Langkah:
1. Guru mempersiapkan gambar gambar yang sesuai dengan tujuan pembelajaran
2. Guru membagikan gambar lewat Wa Group/ Google Clasroom/Emodo
3. Guru memberi petunjuk kepada siswa untuk menganalisa gambar yang telah
dibagikan
4.
mempersentasikan
gambar yang telash dibagikan 5.
guru
memberikan komentar dan bimbingan sesuai dengan tujuan pembelajaran yang
ingin dicapai 6.
kesimpulan kegiatan
pembelajaran
Pendahuluan
1.
guru
menyapa murid dengan mengucapkan salam dalam ode daring 2.
guru
memeriksa kehadiran siswa 3.
guru
menyampaikan materi dan tujuan pembelajaran 4.
guru
menyampaikan kegiatan belajar dengan menggunakan examples Kegiatan
Inti 1.
guru
menyajikan gambar – gambar tentang cara berwudhu 2.
guru
bertanya tentang gambar gambar berwudhu yang disajikan 3.
guru
menayakan tentang anggota yang wajib dibasuh/tidak (Fardu wudhu) 4.
guru
bertanya tentang Batasan berwudhu 5.
guru
memberikan kesempatan kepada siswa untuk berkomentar 6.
guru
mendeskripsikan gambar satu dengan cara tatib sesuai urutan 7.
guru
memberikan ruang waktu untuk bertanya 8.
guru
mengevaluasi hasil pembelajaran Penutup 1.
mengajak
pada siswa merangkum dan membuat deskripsi pada gambar gambar yang disajikan 2.
guru
melakukan penilaian dan refleksi 3.
guru
memberikan umpan balik 4.
guru
menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya 5.
guru
mngucapkan salam hangat kepada siswa PENILAIAN
PROSES DAN HASIL BELAJAR
1. mendeskripsikan
dan menganalisa gambar gambar wudhu
2. Daftar
periksa untuk penugasan materi
4. Penilaian
Sikap (peduli, rasa ingin tahu, tekun, dan teliti). Beri
tanda (ü) pada kolom sesuai dengan sikap siswa.
|
Komentar
Posting Komentar